Bagaimana wiraniaga melakukan hal itu? Beberapa
wiraniaga terbaik memberikan delapan trik mereka yang paling efektif bagi Anda
untuk mencobanya seperti kami kutip dari openforum.com:
1. Melepas calon pelanggan yang
basa-basi.
Wiraniaga terbaik tahu betul bahwa sales merupakan
permainan angka dan waktu. Untuk itu, mereka secepat mungkin menyortir calon
pelanggan untuk menemukan beberapa yang besar.
Alih-alih berusaha untuk meyakinkan calon pelanggan
membuat kesepakatan dengan mereka, wiraniaga terbaik dengan cepat meninggalkan
calon pelanggan yang basa-basi, sehingga bisa menghabiskan lebih banyak waktu
dengan calon pelanggan yang benar-benar tertarik berbelanja di sana.
2. Mengerti bahwa Anda tidak harus
menyenangkan semua orang.
Wiraniaga terbaik mengenal aturan 80/20. Di mana
80% pendapatan mereka diperoleh berasal dari komisi, dan 20% sisanya dari
klien. Untuk itulah kenapa mereka lebih banyak mencurahkan perhatian kepada
klien terbaiknya. Sementara klien yang lebih kecil mereka alihkan ke orang lain
atau bahkan sama sekali tidak dilayani.
3. Selalu selangkah lebih maju dari
klien.
Wiraniaga terbaik sangat memahami klien terbaik
mereka. Mereka melakukan penelitian tentang para kliennya, dan menggali
informasi lebih dalam yang berhubungan dengan klien dan industri. Hal itu
dilakukan guna menemukan permasalahan dan kesempatan bagi klien sebelum mereka
menyadari hal itu.
4. Sedikit janji, banyak bukti.
Wiraniaga terbaik sadar betul bahwa mereka
menetapkan harapan pelanggan yang rendah. Saat produk atau jasa disampaikan,
pelanggan akan terpesona dengan pengalaman. Dan tepat seperti itulah jika Anda
menginginkan panggilan berikutnya dari klien.
5. Membiarkan pelanggan membeli
sendiri.
Wiraniaga ambisius mencoba meyakinkan pelanggan
untuk membeli, membeli, dan membeli. Namun, wiraniaga terbaik tahu bahwa
orang yang paling persuasif adalah pelanggan itu sendiri.
Pekerjaan mereka adalah menanyakan pertanyaan yang
tepat dan membimbing pelanggan meyakinkan diri mereka sendiri bahwa mereka (pelanggan)
ingin produk tersebut.
6. Meniru pelanggan adalah cara yang
bagus.
Hanya karena sesuatu yang bisa lebih bagus lagi,
bukan berarti itu yang pelanggan gambarkan. Mungkin, beberapa pelanggan
menggunakan kata-kata yang fantastis, sementara yang lainnya menggunakan kata
efisiensi atau bijak secara finansial.
Wiraniaga terbaik mengidentifikasi adjective
yang klien dan prospek gunakan untuk menggambarkan banyak hal, kemudian
menggunakan kata-kata yang sama untuk melibatkan emosi pihak pembeli yang kita
inginkan.
7. Menyesuaikan ketinggian kursi.
Wiraniaga terbaik dunia mengambil alih pertemuan
sales dengan cara menyesuaikan ketinggian kursi kursi mereka.
Mereka memulai sebuah pertemuan dengan menyesuaikan
kursi mereka sedikit di bawah pelanggan. Hal ini secara sadar mengisyaratkan
bahwa pelanggan dalam posisi dominan.
Ketika pertemuan berlangsung, mereka secara
perlahan akan meninggikan kursinya untuk sedikit lebih tinggi dibandingkan
prospek – menempatkan mereka dalam posisi dominan.
Peralihan yang lambat secara tidak sadar ini
membuat prospek menjadi lebih mudah menerima saran dari mereka. Ketika mereka
tidak dapat menyesuaikan kursinya, mereka biasanya mengubah postur tubuh mereka
untuk mencapai dampak yang sama.
8. Biar saja klien berkata “tidak”.
Meskipun seluruh pelatihan penjualan di dunia
mengatakan Anda harus mendapatkan calon pelanggan mengatakan “ya”. Wiraniaga
terbaik sebenarnya ingin mendapatkan calon pelanggan mereka mengatakan “tidak.”
Berulang kali menjawab “ya” secara signifikan dapat
melemahkan kekuatan kata ‘ya’ itu sendiri.
Namun jika prospek mengatakan tidak terhadap
beberapa pilihan, kemudian akhirnya mengatakan ya untuk pilihan yang tepat,
mereka cenderung sangat bertahan dengan itu.
Ini merupakan alasan yang tepat mengapa agen real
estate terbaik menampilkan rumah buruk terlebih dahulu, sebelum akhirnya
pelanggan melihat yang sesuai, mereka memegangnya erat-erat.