4 aspek penting dalam dunia penjualan ( 4 Prinsip Dasar – basic prinsiples). Apa
sajakah itu?
1.
Selling is a
process (Menjual adalah proses)
Seperti halnya
aktivitas lain, penjualan adalah sebuah proses. Penjualan adalah mata rantai
dari kegiatan–kegiatan lain. Jika Anda menjalankan rangkaian kegiatan dengan
benar, atau jika Anda menjalankan setiap tahapan dalam proses penjualan dengan
benar, Anda memiliki kesempatan besar untuk dapat menjual dengan lebih baik
2.
Selling is a
numbers game (Menjual adalah permainan angka)
Penjualan
adalah permainan angka. Sebenarnya, penjualan didasarkan atas Hukum Rata–rata.
Lebih banyak prospek, lebih besar kesempatan Anda. Lebih banyak Anda
menawarkan, lebih besar kemungkinan Anda melakukan closing. Lebih banyak
pelanggan bahagia yang Anda miliki, lebih besar kesempatan bagi Anda untuk
memperoleh referensi dari mereka. Ini hanya masalah “semakin banyak….semakin
baik.”
3.
Selling is all
about having good interpersonal communication & relationship (Menjual adalah tentang hubungan dan komunikasi
inter-personal)
Penjualan
adalah masalah kemampuan komunikasi dan membina hubungan. Kita adalah mahluk
sosial. Kita membuat keputusan lebih karena emosi dibandingkan rasional (lihat
”Marketing in Venus” dari Hermawan Kartajaya). Mari lihat alasan–alasan
seseorang menjadi nasabah sebuah perusahaan. Contohnya dalam industri asuransi,
proporsinya adalah sebagai berikut :
·
Membeli karena perusahaannya
: 20%
·
Membeli karena
produknya
: 20 %
·
Membeli karena agen
asuransinya : 60 %
Kesimpulannya,
jadi atau tidak seseorang membeli dari Anda sangat tergantung dari apakah
mereka suka atau tidak kepada Anda, menghargai Anda, mempercayai Anda,
menyayangi Anda, merasa memiliki kewajiban membeli dari Anda (karena Anda
begitu baik suka menolong, dia berhutang budi dengan Anda. Dia juga merupakan
teman baik Anda atau ayah/suami Anda, dan lain–lain). Ini karena interaksi yang
Anda bangun dan masalah komunikasi pribadi dengannya.
4.
Selling is all
about discipline (Menjual
adalah masalah disiplin)
Penjualan
adalah masalah disiplin. Inilah perbedaan antara penjual sukses dan penjual
tidak sukses: Succesful sales people have learnt to do well thing that
unsuccessful sales people do not like to do (Penjual yang berhasil selalu
melakukan dengan konsisten dan disiplin hal-hal yang tidak dilakukan oleh
penjual yang tidak berhasil).
Sudah bukan
rahasia lagi, penjual yang sukses lebih disiplin dan mereka tetap mengerjakan
hal-hal yang seharusnya mereka lakukan (walaupun kadang–kadang mereka tidak
menyukainya). Di sisi lain, penjual yang tidak sukses akan mencoba mencari
1.001 alasan untuk menghindar dari pekerjaan yang seharusnya mereka lakukan,
karena mereka tidak suka mengerjakan hal tersebut. Sales is often a case of
doing what you have to do, not only what you like to do (Penjualan
adalah masalah melakukan sesuatu yang harus dilakukan, secara konsisten, tidak
hanya sesuatu yang Anda senang untuk melakukannya).
Ini bisa
menjadi alasan utama mengapa beberapa penjual terlihat begitu baik dalam dua
tahun pertama, dan kemudian kinerja mereka terus-menerus turun. Sementara,
penjual lain terlihat begitu baik dan semakin baik setiap tahun. Perbedaan
utama adalah kemampuan atau ketidakmampuan mereka dalam melakukan konsistensi
dalam melakukan penjualan.
Jadi tetaplah konsisten dengan pilihan dan
pekerjaan Anda serta lakukan yang terbaik. Happy selling!
Prajurit Manunggal: 4 Aspek Yang Terpenting Dalam Penjualan >>>>> Download Now
BalasHapus>>>>> Download Full
Prajurit Manunggal: 4 Aspek Yang Terpenting Dalam Penjualan >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Prajurit Manunggal: 4 Aspek Yang Terpenting Dalam Penjualan >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK