Menu

Senin, 14 Januari 2013

4 ASPEK YANG TERPENTING DALAM PENJUALAN

4 aspek penting dalam dunia penjualan ( 4 Prinsip Dasar – basic prinsiples). Apa sajakah itu?
1.   Selling is a process (Menjual adalah proses)
Seperti halnya aktivitas lain, penjualan adalah sebuah proses. Penjualan adalah mata rantai dari kegiatan–kegiatan lain. Jika Anda menjalankan rangkaian kegiatan dengan benar, atau jika Anda menjalankan setiap tahapan dalam proses penjualan dengan benar, Anda memiliki kesempatan besar untuk dapat menjual dengan lebih baik
2.   Selling is a numbers game (Menjual adalah permainan angka)
Penjualan adalah permainan angka. Sebenarnya, penjualan didasarkan atas Hukum Rata–rata. Lebih banyak prospek, lebih besar kesempatan Anda. Lebih banyak Anda menawarkan, lebih besar kemungkinan Anda melakukan closing. Lebih banyak pelanggan bahagia yang Anda miliki, lebih besar kesempatan bagi Anda untuk memperoleh referensi dari mereka. Ini hanya masalah “semakin banyak….semakin baik.”
3.   Selling is all about having good interpersonal communication & relationship (Menjual adalah tentang hubungan dan komunikasi inter-personal)
Penjualan adalah masalah kemampuan komunikasi dan membina hubungan. Kita adalah mahluk sosial. Kita membuat keputusan lebih karena emosi dibandingkan rasional (lihat ”Marketing in Venus” dari Hermawan Kartajaya). Mari lihat alasan–alasan seseorang menjadi nasabah sebuah perusahaan. Contohnya dalam industri asuransi, proporsinya adalah sebagai berikut :
·         Membeli karena perusahaannya              : 20%
·         Membeli karena produknya                      : 20 %
·         Membeli karena agen asuransinya          : 60 %
Kesimpulannya, jadi atau tidak seseorang membeli dari Anda sangat tergantung dari apakah mereka suka atau tidak kepada Anda, menghargai Anda, mempercayai Anda, menyayangi Anda, merasa memiliki kewajiban membeli dari Anda (karena Anda begitu baik suka menolong, dia berhutang budi dengan Anda. Dia juga merupakan teman baik Anda atau ayah/suami Anda, dan lain–lain). Ini karena interaksi yang Anda bangun dan masalah komunikasi pribadi dengannya.
4.   Selling is all about discipline (Menjual adalah masalah disiplin)
Penjualan adalah masalah disiplin. Inilah perbedaan antara penjual sukses dan penjual tidak sukses: Succesful sales people have learnt to do well thing that unsuccessful sales people do not like to do (Penjual yang berhasil selalu melakukan dengan konsisten dan disiplin hal-hal yang tidak dilakukan oleh penjual yang tidak berhasil).
Sudah bukan rahasia lagi, penjual yang sukses lebih disiplin dan mereka tetap mengerjakan hal-hal yang seharusnya mereka lakukan (walaupun kadang–kadang mereka tidak menyukainya). Di sisi lain, penjual yang tidak sukses akan mencoba mencari 1.001 alasan untuk menghindar dari pekerjaan yang seharusnya mereka lakukan, karena mereka tidak suka mengerjakan hal tersebut. Sales is often a case of doing what you have to do, not only what you like to do (Penjualan adalah masalah melakukan sesuatu yang harus dilakukan, secara konsisten, tidak hanya sesuatu yang Anda senang untuk melakukannya).
Ini bisa menjadi alasan utama mengapa beberapa penjual terlihat begitu baik dalam dua tahun pertama, dan kemudian kinerja mereka terus-menerus turun. Sementara, penjual lain terlihat begitu baik dan semakin baik setiap tahun. Perbedaan utama adalah kemampuan atau ketidakmampuan mereka dalam melakukan konsistensi dalam melakukan penjualan.
Jadi tetaplah konsisten dengan pilihan dan pekerjaan Anda serta lakukan yang terbaik. Happy selling!

1 komentar:

  1. Prajurit Manunggal: 4 Aspek Yang Terpenting Dalam Penjualan >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Prajurit Manunggal: 4 Aspek Yang Terpenting Dalam Penjualan >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Prajurit Manunggal: 4 Aspek Yang Terpenting Dalam Penjualan >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus